Kamis, 24 Maret 2016

Pengertian guru, Guru menurut undang - undang dan Tanggung jawab guru menurut agama islam



TUGAS MAKALAH
ETIKA DAN PROFESI PENDIDIKAN
PENGERTIAN GURU,GURU MENURUT UNDANG-UNDANG,DAN TANGGUNG JAWAB GURU MENURUT AGAMA ISLAM
         DOSEN PENGAMPUH : DRS. H. SYAFWI KHALIL, M.pd
DISUSUN OLEH
TARI DWI YANTI        NPM 146410023
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
2016
A.   PENGERTIAN  GURU
    Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah, dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
                                            
a.      Pengertian guru menurut para ahli:
1)   Menurut Noor Jamaluddin (1978: 1)  Guru adalahpendidik, yaitu orang dewasa yang bertanggung jawb memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaanny,mampu berdiri sendiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di muka bumi,sebagai makhluk social dan individu yang sanggup berdiri sendiri.
2)   Menurut Peraturan Pemerintah Guru adalah jabatan fungsional,yaitu kedudukan yang menunjukkan tugas,tanggung jawb,wewenang, dan hak seorang PNS dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan keahlian atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri.
3)   Menurut  keputusan Men.Pan Guru adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas,wewenang dan tanggung jawab oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pendidikan disekolah.
b.      Peranan Guru ada tiga yaitu :
1)   Sebagai pengajar
Sebagai pengajar guru mempunyai tugas menyelenggarakan proses belajar mengajar, tugas yang mengisi porsi terbesar dari profesi keguruan ini pada garis besarnya meliputi 4 pokok, antara lain :
·            Menguasai bahan pengajaran
·            Merencanakan program belajar mengajar
·            Melaksanakan, memimpin dan mengelolah proses belajar mengajar
·            Menilai program belajar mengajar
2)   Sebagai pembimbing
Sebagai pembimbing guru mempunyai tugas memberi bimbingan kepada pelajar atau siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, sebab proses belajar mengajar berkaitan erat dengan berbagai masalah diluar kelas yang sifatnya non akademis.
3)   Sebagai administrator kelas
Sebagai administrator kelas, mencakup ketatalaksanaan pada umumnya seperti  mengelolah sekolah, memamfaatkan prosedur dan mekanisme pengelolaan tersebut untuk melancarkan tugasnya, serta bertindak sesuai dengan etika jabatan.
c.       Kewajiban Guru Antara Lain :
1.   Merencanakan pembelajaran, melakasakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
2.   Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
3.   Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status social ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
4.   Menunjang tinggi  peraturan perundang-undangan, hokum, kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika.
5.   Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
A.    PENGERTIAN GURU MENURUT UNDANG –UNDANG
Defenisi guru menurut undang-undang adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar ,membimbing,mengarahkan,melatih,menilai ,dan mengevaluasi  peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,pendidikan dasar,dan pendidikan menengah.
Peranan guru sangat penting dalam dunia pendidikan karena  selain berperan mentransfer ilmu pengetahuan ke peserta didik,guru juga dituntut memberikan pendidikan karakter dan menjadi contoh karakter yang baik bagi anak didiknya.
                           
UNDANG-UNDANG TENTAG GURU
                             
1)   BAB I KETENTUAN UMUM pasal 1
        Guru adalah tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, sehingga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik di perguruan tinggi.
2)   BAB II KEDUDUKAN, FUNGSI DAN TUJUAN pasal 2
    Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidkan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
3)   BAB III PRINSIP PROFESIONALITAS pasal 7
    Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip sebagai berikut :
·            Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism.
·            Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan,       ketakwaan, dan akhlak mulia.
4)   BAB IV
                                                    I.    KUALIFIKASI, KOMPETENSI, DAN SERTIFIKASI pasal 8
    Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidkan nasional.
                                                 II.      HAK DAN KEWAJIBAN pasal 14
    Dalam melaksanak tugas keprofesionalan, guru berhak :
·            Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan hidup minimum dan jaminan kesejahteraan social.
·            Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas prestasi kerja.
      C. TANGGUNG JAWAB GURU MENURUT AGAMA ISLAM
Guru adalah seorang pendidik sebagai insan yang mulia dan berjasa kerana merekalah yang bertanggungjawab mendidik manusia bagi melahirkan generasi Muslim yang beriman dan beramal soleh serta sanggup melaksanakan tugas terhadap diri, keluarga, masyarakat dan negara. Guru dalam sejarah hidupnya sentiasa menghargai kejayaan anak didiknya serta sanggup bekorban dan melakukan apa saja  manfaat dan kesejahteraan orang lain. Firman Allah s.w.t. di dalam Al-Quran :
يرفع الله الذين ءامنوا منكم والذين أوتوا العلم درجت
Maksudnya: “Supaya Allah  meninggikan darjat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan agama (dari kalangan kamu) beberapa darjat”. (Surah Al-Mujaadalah ayat 11).
 Islam meletakkan tugas sebagai guru yang melaksanakan tugas tarbiyah adalah ditempat yang sungguh mulia, seluruh masa yang digunakan dikira sebagai ibadah, setiap langkah dari rumah ke sekolah dan pulang kerumah dari sekolah akan mendapat satu pahala dan dihapuskan satu dosa, menyampaikan ilmu secara hikmah dan ikhlas semata-mata kerana Allah merupakan jihad yang paling tinggi pada pandangan Islam seperti mana yang dituntut dalam syariat Islam.
 Dalam Islam terdapat 4 martabat guru atau pendidik yaitu:
1.       Mudarris : yang bermaksud guru yang hanya mengajar mata pelajaran kemahiran mereka sahaja.
2.        Mu’allim : yang bermaksud guru yang tidak hanya mengajar mata pelajaran mereka tetapi turut menyampaikan ilmu-ilmu lain.3.
3.       Mursyid : yang bermaksud guru yang menyampaikan ilmu dan menunjukkan jalan yang benar.
4.      Murabbi : yang bermaksud guru yang mendidik, memelihara, mengasuh, mentarbiyyah anak didiknya  menjadi manusia yang berilmu, bertaqwa dan beramal soleh.
 Sebagai seorang guru yang beriman dan bertaqwa keempat-empat ciri di atas hendaklah fahami dan dihayati di dalam kehidupannya sebagai  pendidik terutama ciri keempat yaitu mendidik, memelihara, mengasuh, mentarbiyyah anak didiknya menjadi manusia berilmu, bertaqwa dan beramal soleh. Jika tugas ini dapat direalisasikan dalam pendidikannya maka kedudukannya sungguh mulia dan akan duduk berdekatan dengan Nabi s.a.w di hari akhirat nanti.
Tugas dan tanggungjawab guru di sekolah perlulah menanamkan asas aqidah Islam dan keimanan kepada Allah s.w.t. Bentuklah jiwa para pelajar supaya berakhlak dengan akhlak Islam dan takut kepada azab Allah s.w.t jika melakukan maksiat dan kemungkaran.
Tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh guru terutama guru agama islam antara lain :
·         Harus menaruh rasa kasih sayang terhadap murid dan memberlakukan mereka seperti perlakuan anak sendiri.
·         Tidak mengharapkan jasa ataupun ucapan terimah kasih, tetapi bermaksud dengan mengajar itu mencari keridhoan Allah dan mendekatkan diri kepada Tuhan.
·         Berikanlah nasehat kepada murid pada tiap kesempatan,bahkan gunakanlah setiap kesempatan itu untuk menasehati dan menunjukinya.
Semua guru-guru, guru agama atau guru akademik perlu memainkan peranan yang berat ini dan jangan jemu-jemu menasihati, mendidik, membentuk dan mengasuh jiwa para pelajar dengan nasihat yang baik. Guru pula perlulah membawa syariat Islam dan akan menjadi contoh dan ikutan para pelajarnya. 
Selain daripada guru-guru yang mengajar di sekolah ibu bapak juga perlulah mengambil tanggungjawab bersama guru untuk memikul tugas yang besar dan berat ini dan meneruskan pendidikan dirumah pula. Pihak sekolah pula perlu memperbanyakkan aktivitas-aktivitias kurikulum  yang menjurus kepada insan beriman dan bertaqwa yaitu dengan menganjurkan  motivasi, smart solat, khemah Ibadah, qiyamulail, kelas hafazan, tazkirah ,kuliah agama.
KESIMPULAN
·         Guru adalah seseorang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya dan bertanggung jawab untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi anak didiknya agar bermanfaat dimasa yang akan datang.           
·         Peranan guru sangat penting demi tercapainya tujuan sesuai dengan yang telah ditetapkan.
Dalam kegiatan pembelajaran dengan pendekatan, peranan guru dalam pembelajaran terpadu adalah sebagai perencana, pelaksanan dan sekaligus evaluator. Peranan lain yang harus dilakukan guru sebagai pendidik, pembimbing,pengajar dan administrator kelas.
·         Kewajiban Guru Antara Lain:Merencanakan pembelajaran, melakasakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Menunjang tinggi  peraturan perundang-undangan, hokum, kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika.Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
·         Guru menurut undang-undang adalah  pendidik profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan,melatih,menilai,dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar ,dan pendidikan menengah
·         Tanggungjawab guru di sekolah perlulah menanamkan asas aqidah Islam dan keimanan kepada Allah s.w.t. Bentuklah jiwa para pelajar supaya berakhlak dengan akhlak Islam dan takut kepada azab Allah s.w.t jika melakukan maksiat dan kemungkaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar